4 Cara mudah membuat batu akik yang bagus


batu mentah bahan pembuatan batu akik
Karena begitu penasaran nya tentang cara pembuatan batu akik dari batu mentah hingga menjadi batu akik yang indah saya mencoba mencari berbagai informasi tentang cara pembuatan akik dari proses awal hingga proses akhir menjadi batu akik.

Pertama batu mentah di rendam dengan air tentunya di sesuaikan dengan jenis batu itu sendiri ada yang menggunakan air hujan sampai air kelapa.bahkan ada juga yang menggunakan cairan isotonik.waktu perendaman sekitar 1 sd 2 hari hal ini di lakukan agar batu menjadi lebih mudah untuk di kerjakan.

batu di pilih berdasarkan selera pembuat
Kedua batu yang sudah di rendam di cari sisi yang di inginkan corak nya lalu di potong menggunakan alat khusus semacam gergaji / gerinda tipis agar tidak terlalu banyak bagian batu yang akan hilang.menjadi batuan yang lebih kecil ,besar kecil potongan ini tergantung tujuan pembuatan nya.misal menjadi liontin ,batu cincin dsb..

Ketiga pembentukan batu yang sudah di potong potong tadi menjadi batu akik atau batu liontin.namun masih dalam bentuk kasar.
Proses penyamplingan / pengemplingan / menggosok batu akik

Keempat langkah akhir yaitu penghalusan.batu yang sudah berbentuk menjadi batu akik dan batu liontin di gosok dengan berbagai macam alat mulai dari daun pisang sampai pasir / serbuk kristal yang terbuat dari intan.hal ini lah yang membuat batu akik menjadi indah dan berkilauan.

Jadi buat para pembaca yang ingin membuat batu akik sendiri bisa mencoba dirumah.jangan lupa pastikan alat2 yang di butuh kan tersedia agar tidak membuat pengerjaan berjalan tidak lancar.
semoga informasi ini bermanfaat bagi para pengunjung blog ini
Previous
Next Post »

Komentar Spam dan tidak berhubungan dengan artikel akan di hapus dan tidak di terbitkan ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment